Gambaran Cara Kerja Marketing Afiliasi

Gambaran Cara Kerja Marketing Afiliasi - Kongsi OLE777

Prinsip dasar marketing afiliasi adalah mempromosikan produk milik perusahaan atau produsen lain untuk mendapat komisi. Prinsip afiliasi marketing ini tidak sama dengan Google AdSense yang sistemnya membayar owner website yang memasang iklan di Google. Jika iklan pada website diklik oleh pengunjung, meskipun ia membeli produk atau tidak, maka benefit tetap berjalan.

Cara kerja marketing afiliasi adalah sebuah bukti bahwa kehadiran internet memberikan dampak positif pada kemudahan mencari penghasilan. Pada dasarnya model bisnis ini sudah dikenal sejak lama dengan nama makelar atau perantara. Namun pelaksanaannya masih door to door atau tatap muka secara langsung. Sedangkan dalam ranah digital, perantara tersebut dikenal dengan nama affiliate marketer.

Seorang marketer afiliasi bekerja di dunia online dengan cara mempromosikan produk dari merchant atau perusahaan tertentu. Model bisnis ini memungkinkan Anda mendapat penghasilan dari hasil mempromosikan barang menggunakan kode referral. Komisi akan diperoleh berasal dari produk yang dibeli melalui kode referral tersebut.

  • Mendaftar program afiliasi. Di sini Anda harus mendaftarkan diri pada suatu program afiliasi yang diselenggarakan sebuah perusahaan tertentu.
  • Mempromosikan produk. Setelah terdaftar, Anda harus mempromosikan produk dari perusahaan yang bersangkutan pada blog, website, atau sosial media yang dimiliki. Anda juga harus memasukkan kode referral atau link tautan di konten yang dibuat.
  • Customer menggunakan kode referral tersebut. Jika ada visitor web yang membeli produk menggunakan link tautan yang Anda buat, maka pemasaran Anda berhasil.
  • Kedatangan visitor tadi akan dicatat oleh sistem cookie yang menandakan bahwa ia berasal dari website Anda sebagai afiliasi marketer menggunakan kode tertentu. Jika visitor tadi membeli produk dan terjadi transaksi dana maka sistem proses transaksi akan bekerja. Yakni dengan mengirimkan uang pada merchant yang menjadi tempat Anda berafiliasi seusai syarat dan ketentuan yang disepakati. Dengan begitu jika transaksi yang terjadi berasal dari link afiliasi milik Anda, maka artinya Anda langsung mendapatkan komisi atas penjualan produk tersebut.
  • Perolehan komisi. Yang terakhir adalah pemberian komisi dari merchant kepada affiliate marketer. Komisi baru bisa diperoleh jika ada customer yang membeli produk melalui link yang Anda letakkan di blog atau sosmed.
  • Affiliate marketer hanya mendapat komisi jika terjadi transaksi pembelian terhadap produk yang dipromosikannya. Apabila tidak ada pembelian maka tidak ada komisi.

Saat ini ada puluhan hingga ratusan ribu merchant yang memiliki program afiliasi sebagai salah satu strategi pemasarannya. Sehingga sebagai seorang afiliasi marketer Anda tak perlu khawatir kehabisan  produk untuk dipromosikan.

Malah mungkin akan sebaliknya, di mana Anda akan bingung untuk memilih produk mana yang akan diafiliasi karena jumlahnya yang terlalu banyak. Di sinilah tingkat selektifitas Anda diuji dalam memilih program afiliasi yang akan diikuti karena setiap orang hanya memiliki waktu 24 jam untuk menentukan produk mana yang akan dipromosikan.

Pada pasar mancanegara, hampir semua merchant yang menjual produk berupa barang atau jasa pasti memiliki program marketing yang satu ini. Konsep marketing tersebut memang bisa dibilang menguntungkan untuk semua pihak, baik owner program maupun peserta afiliasi.

Maka dari itu, segeralah daftarkan diri Anda pada program marketing afiliasi di Indonesia dan dapatkan keuntungan bisnis yang efektif dan efisien. Khususnya seseorang yang baru belajar marketing online sangat perlu memahami cara kerja afiliasi marketing yang satu ini.


Mau mencoba bisnis afiliasi dengan bagi hasil 35 – 45% dari profit per bulannya? Anda bisa mendaftar di Kongsi OLE777 dengan gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *