Strategi Ketika Menjalankan Affiliate Marketing

Strategi yang Dibutuhkan Ketika Menjalankan Affiliate Marketing

Affiliate marketing kini menjadi sebuah pilihan perkerjaan sampingan yang cukup populer. Model bisnis internet marketing berbasis komisi ini mulai banyak peminatnya. Saat ini banyak perusahaan atau merchant tertentu yang mulai membuka program afiliasi. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan emas yang dapat dilakukan oleh para affiliate marketer. Program afiliasi bukanlah hal yang asing lagi di dunia marketing. Karena jam kerjanya yang fleksibel membuat banyak orang yang ingin menjadi anggota dari program afiliasi ini. meskipun cukup mudah untuk dilakukan, nampaknya dalam menjalankan affiliate marketing anda memerlukan strategi. Strategi akan sangat berguna bagi kesuksesan seorang affiliate merketer. Berikut ini adalah strategi yang dibutuhkan oleh affiliate marketer agar bisnis yang dijalaninya berjalan sukses:

  1. Pahami produk yang akan ditawarkan

Untuk memulai affiliate marketing yang harus anda lakukan pertama kali adalah memahami produk yang akan ditawarkan. Tugas seorang affiliate marketer adalah mempromosikan produk yang dimiliki oleh merchant maka ia harus paham betul dengan produk yang ditawarkan olehnya. Yang dipahami dalam sebuah produk adalah spesifikasi produk, bahan baku, efek samping, dan segala macam informasi lainnya. Informasi dari sebuah produk merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh seorang affiliate marketer. Karena ia akan menjual barang milik orang lain maka ia harus mempelajari dengan betul bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh produk yang ditawarkannya.

  1. Buat konten yang menarik

Produk yang ditawarkan oleh seorang affiliate marketing biasanya dipromosikan melalui website, oleh sebab itu konten yang dibuat haruslah menarik. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat pengunjung yang mengunjungi website anda. meskipun hanya pekerjaan sambilan, affiliate marketing tidak bisa dilakukan secara setengah-setengah. Konten yang dibuat haruslah optimal agar dapat menarik perhatian khalayak. Oleh sebab itu banyak affiliate marketer yang mempelajari cara menulis artikel yang baik sesuai dengan kaidah SEO agar website mereka muncul di halaman pertama pencarian internet. Karena hal tersebut akan meningkatkan peluang website anda akan dikunjungi.

  1. Tentukan target pasar

Ketika memutuskan menjadi seorang affiliate marketer anda harus melihat dan menentukan segmentasi dari pasar terkait dengan produk yang anda jual. Sesuaikan produk dengan segmentasi pasar dan jangan sampai salah sasaran. Jika anda menjual produk make up pastikan untuk memasarkannya pada wanita. Range umur pun sangat menentukan tingginya penjualan. Oleh sebab itu seprang affiliate marketer harus pintar menentukan target pasar agar dapat menarik banyak pembeli. Karena prinsip yang dimiliki oleh model bisnis ini adalah makin banyak barang terjual maka akan makin banyak pula komisi yang didapatkan. Jika target pasar sudah tepat dengan produk yang dijual maka akan semakin memudahkan anda untuk menjual produk tersebut.

  1. Fokus pada tema website anda

Anda bisa menjadi anggota dari banyak program afiliasi yang ada secara bersamaanm namun meskipun demikian bukan berarti anda bisa dengan asal mendaftarkan diri pada program afiliasi. Anda harus memilih produk sesuai dengan tema website yang anda miliki. Contohnya jika tema yang digunakan dalam website anda adalah teknologi maka anda harus mempromosikan produk-produk yang sesuai dengan tema tersebut. fokus pada tema website dapat membantu anda mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Sehingga akan meningkatkan penjualan produk yang telah anda lakukan di dalam website tersebut. dengan fokus pada tema anda akan dengan mudah mendapatkan pengunjung setiap saatnya.

  1. Berikan CTA

Ketika anda mendaftar sebagai anggota dari program afiliasi, anda akan diberikan kode referral. Kode tersebut digunakan oleh penyedia produk untuk mengidentifikasi ketika seseorang membeli produk mereka melalui website yang anda miliki. Untuk memberikan kode referral yang anda miliki, anda membutuhkan CTA. CTA atau Call to Action merupakan sebuah petunjuk yang diberian kepada pengunjung untuk melakukan sebuah tindakan. Anda dapat meminta para pelanggan untuk menggunakan kode referral yang anda miliki. Dengan demikian penjualan yang dilakukan akan teridentifikasi secara langsung oleh pihak merchant. Makin banyak CTA yang diberikan maka akan semakin banyak juga komisi yang akan anda dapatkan dari merchant.


Mau mencoba bisnis afiliasi dengan bagi hasil 35 – 45% dari profit per bulannya? Anda bisa mendaftar di Kongsi OLE777 dengan gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *