Trend Affiliate Marketing, Bagaimana Cara Memulai Kerjanya?

Trend Affiliate Marketing, Bagaimana Cara Memulai Kerjanya - Kongsi OLE777

Affiliate Marketing adalah model bisnis yang sedang digandrungi di era digital saat ini, karena cara kerja yang mudah dan pengerjaannya yang fleksibel. Disamping itu kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan disamping penghasilan utama kita. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk menyediakan produk untuk dijual, karena produk barang atau jasa sudah disediakan pihak merchant, tugas kita hanya mempromosikan bagaimana produk tersebut bisa membuat konsumen membelinya dan kita mendapatkan komisi dari hasil promosi yang sudah kita lakukan. Berikut cara yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis affiliate marketing atau menjadi pelaku afiliasi pemasaran:

  1. Memilih target pasar yang tepat sesuai dengan produk yang akan dijual

Dengan menentukan target pasar maka akan mempermudah cara kerja dari promosi barang. Pun dengan pasar yang tepat, contohnya jika kita memasarkan produk A ditarget yang sesuai maka produk barang atau jasa tersebut akan laku terjual. Misalnya lagi, kita menjual barang berupa perlengkapan gaming, maka produk tersebut harus dipromosikan dipasar pelaku-pelaku gaming, tidak cocok jika perlengkapan game tersebut dipromosikan di pasar target yang cenderung dilihat oleh ibu-ibu. Dengan menentukan pasar seperti ini, maka akan mempermudah jalan kita dalam menjual barang atau jasa yang ada.

  1. Mencoba riset kecil-kecilan program affiliate marketing yang ada

Setelah kita menemukan pasar yang tepat untuk mempromosikan produk yang menjadi fokus kita, maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mencari program-program dan produk apa saja yang ada. Hal ini dilakukan untuk menjadi bahan pertimbangan juga dipasar, apa yang sedang dibutuhkan dan tidak, dan akan berpengaruh juga pada penghasilan yang kita dapatkan, dan ini sangatlah membantu. Siapa saja yang menggunakan program pemasaran afiliasi ini, dengan ini kita bisa melihat ramai atau tidaknya, dan sudah termasuk pada ranah branding. Mempertimbangkan berapa banyak komisi yang akan didapat dalam mempromosikan produk tersebut, karena pada dasarnya kita melakukan pekerjaan tersebut untuk mendapatkan penghasilan, bukan untuk belajar menambah pengalaman saja.

  1. Membuat sebuah laman web

Laman web adalah hal utama yang dibutuhkan dalam sistem pemasaran afiliasi ini, karena memang sistemnya sudah sistem online dan berbasis elektronik. Membangun sebuah web di jaman sekarang sudah menjadi semakin mudah, semua teknologi sudah disediakan, tinggal kita sebagai pengguna memilih mana yang lebih baik untuk digunakan, tentunya gunakan sesuai porsinya, ada situs blog seperti blogger dan wordpress yang bisa digunakan dalam berbisnis dengan menggunakan pemasaran afiliasi.

  1. Menyusun beberapa rencana

Sama seperti melakukan hal biasanya, dalam melakukan bisnis dengan model ini pun kita memerlukan planning atau rencana. Mengapa penting dilakukan? agar terarah, kemana dan bagaimana bisnis ini akan dibawa, maka dari itu harus menyusun planning sebaik mungkin. Kita harus mempersiapkan dua, yaitu waktu dan strategi. Memang pekerjaan bisnis pemasaran afiliasi ini merupakan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pengasilan tambahan. Namun kita sebagai pelakunya harus bisa mengatur waktu agar berbisnis dengan menggunakan model ini bisa berjalan maksimal, misalnya dengan menyisihkan waktu dua sampai empat jam dalam sehari.

Pun untuk strateginya kita bisa memulainya dengan konten pemasarannya seperti apa. Kita perlu membuat konten secara utuh, dalam artian membuat promosi secara baik dan dapat menarik konsumen dengan baik. Oleh karena itu kita harus melakukan dan membuat konten secara rutin dengan rencana yang matang. Ada beberapa jenis konten yang bisa dibuat dalam proses promosinya. Misalnya dengan membuat review produk yang akan kita jual, bagaimana kekurangan dan kelebihan dari produk yang dijual dibanding dengan pesaing yang lain. Postingan laman yang membahas masalah, pertanyaan, dan lain-lain yang biasa dijadikan bahan pertanyaan bagi konsumen sebelum melakukan pembelanjaan. Alangkah lebih baiknya jika dalam postingan tersebut kita sebagai yang mempromosikan membuat keyword agar calon konsumen mudah mencari apa yang mereka butuhkan. Pun kita juga dapat melihat dari kompetitor lain, forum, media sosial, ataupun platform yang lainnya, apa yang sebenarnya sedang pasar inginkan dan sedang banyak dibicarakan, dari situ kita bisa mengambil contoh dan menyusun strategi apa yang sebenarnya harus disusun agar affiliate marketing yang sedang kita jalani bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan apa yang sudah disusun.


Mau mencoba bisnis afiliasi dengan bagi hasil 35 – 45% dari profit per bulannya? Anda bisa mendaftar di Kongsi OLE777 dengan gratis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *